Sabtu, 26 Januari 2013

Fermentasi Jerami Pakan Kambing dan Domba

Fermentasi Jerami Pakan Kambing dan Domba
Panen padi disawah sering terjadi pembakaran jerami padi disawah. Saatnya kita memanfaatkan jerami padi sebagai pakan alternatif kambing dan domba, jika Anda sudah mulai merasa kesulitan mencari rumput hijauan setiap hari, solusi penggunaan Tangguh Probiotik sangat tepat bagi peternak kambing dan domba.
Perkembangan budidaya kambing dan domba di Indonesia semakin banyak dan maju diberbagai daerah, namun seiring berjalan waktu dan sementara hijauan dilapangan dan kebun terasa makin menyempit, khususnya untuk musim kemarau dan penghujan, dimana rumput hijauan sulit di dapatkan.
Jika para peternak kambing dan domba tidak segera memodifikasi pakan (dari rumput hijauan ke jerami padi), bukan tidak mungkin para peternak kambing dan domba sulit untuk mengembangkan usaha budidayanya.
Suatu alternatif yang brilian untuk memanfaatkan Jerami Padi sebagai pakan kambing dan domba yang tidak kalah nutrisinya dengan rumput hijauan sebagai jawaban dari semua keluhan para peternak kambing dan domba untuk mengembangkan usaha budidayanya.

Bagaimana cara membuatnya :
Berikut ini akan di pandu secara sederhana mengenai fermentasi jerami padi dengan Probiotik Tangguh dari PT. NASA.

A. Bahan / media
  • Jerami padi yang sudah kering sebanyak 1 ton (sebaiknya dipotong-potong lebih dulu antara 10-20 cm, karena pada dasarnya hewan ruminansia lebih suka dengan rumput yang pendek).
  • Tangguh NASA : 2 botol ( 2 liter ) untuk 1 ton jerami.
  • Molase ( tetes tebu ) : 0.2 % dari total berat atau 2 liter untuk 2 ton bahan pakan, apabila tidak ada molase bisa diganti dengan gula pasir sebanyak 1 kg atau gula merah.
  • Air secukupnya.
  • Terpal / plastik lembaran yang kuat untuk memeram jerami.
  • Ember plastik.
  • Gembor atau alat penyiram air.
B. Cara membuat :
  1. Siapkan tempat yang terlindung dari hujan, genangan air ataupun sinar matahari secara langsung.
  2. Bila alas dasar lantai masih dari tanah, silahkan diberi alas plastik atau terpal yang kuat sehingga air adonan fermentasi tidak meresap hilang ke dalam tanah.
  3. Siapkan jerami padi yang sudah kering dan diptotong-potong.
  4. Ambil ember, isi air kemudian tuangkan TANGGUH NASA dan molase ke dalam ember, aduk sampai rata.
  5. Mulailah menggelar jerami selapis pertama setinggi 15-20 cm dan mulailah menyemprotkan larutan adonan air + TANGGUH NASA + molase kepada tumpukan jerami tadi dan diinjak-injak, usahakan penyemprotannya rata dan jerami terlihat basah.
  6. Lakukan terus sampai jerami habis, ingat tumpukan tiap lapis jerami adalah 15-20 cm saja.
  7. Setelah semua jerami sudah selesai, tutup tumpukan jerami tadi dengan terpal / plastik.
  8. Ikat rapat dan usahakan supaya udara jangan masuk, diamkan tumpukan jerami tadi selama 12-15 hari supaya proses penguraian serat jerami berjalan secara alamiah.
  9. Proses fermentasi ini memang memerlukan waktu beberapa saat sehingga jerami benar-benar lapuk dan nutrisinya bertambah, hal ini akan sangat membantu pencernaan dalam perut kambing dalam menyerap nutrisi jerami fermentasi ini.
  10. Setelah 12-15 hari kemudian, jerami fermentasi siap diberikan untuk pakan ternak kambing, nanti akan muncul aroma khas dari tumpukan jerami fermentasi tadi.
  11. Mohon diperhatikan ketika akan memberikan pakan jerami fermentasi ini, sebelum diberikan kepada ternak kambing silahkan jerami fermentasi ini di angin-anginkan sebentar.
  12. Mohon diperhatikan untuk minuman ternak kambing berupa air putih selalu siap sedia, sehingga akan membantu metabolisme kambing.
  13. Untuk penyimpanan jerami hasil fermentasi ini bisa menggunakan beberapa cara, seperti :
  • Dibiarkan dalam posisi semula yaitu berupa tumpukan.
  • Diikat kotak-kotak sehingga bisa disimpan secara rapi, misalnya disimpan di langit-langit atap kandang kambing.
Selamat mencoba, semoga TANGGUH NASA bisa menjadi solusi para peternak kambing dalam menpersiapkan pakan alternatif yang akan mendukung perkembangan usaha ternak kambing di Indonesia. 


Pemesanan Vitamin untuk Penggemukan Sapi, silahkan hubungi: